Headlines News :
Home » , » Perbedaan Paskibra dan Paskibraka

Perbedaan Paskibra dan Paskibraka

Written By Unknown on Monday, July 15, 2013 | 8:21 AM

Jakarta-PaskibNews(15/7) Banyak sekali orang diluar aktivis paskibra maupun Paskibraka yang belum mengetahui bahwa antara dua hal ini (Paskibra dan Paskibraka) adalah sesuatu yang berbeda. Hal ini dikarenakan belum banyak yang mengerti asal mula penyebutan paskibra dan paskibraka.

PaskibNews dalam hal ini mencoba memberi penjelasan atau lebih tepatnya meneruskan perbedaan Paskibra ini melalui sebuah Artikel yang ditulis di website milik organisasi Paskibra SMKN 1 Cikarang Barat (www.brigaspad.org). Di website ini dijelaskan mengenai perbedaan dasar dengan bahasa yang sangat santai tapi sangat mengena. Setidaknya dapat memberi pandangan yang lugas seputar perbedaan antara Paskibra dan Paskibraka.
Berikut penjelasan mengenai perbedaan antara Paskibra dan Paskibraka.

1. Paskibra mengibarkan bendera Sang Merah Putih, Paskibraka mengibarkan Bendera Pusaka (dalam hal ini digantikan dengan bendera Duplikat Pusaka) jadi secara makna bisa dikatakan secara makna bahwa seorang anggota paskibraka adalah anggota paskibra, tapi anggota Paskibra belum tentu seorang paskibraka.
2. Paskibra terbentuk dari keinginan pribadi melalui kegiatan ekstrakurikuler disekolah, Paskibraka dibentuk melalui seleksi dari mulai seleksi Paskibraka tingkat kabupaten, seleksi tingkat Provinsi hingga sampai menjadi Paskibraka Nasional
3. Keanggotaan paskibra adalah seumur hidup, sementara anggota Paskibraka hanya dari mulai dikukuhkan (15 agustus/16 agustus sampai dengan dilantik menjadi anggota Purna Paskibraka Indonesia (17 Agustus malam setelah penurunan)

Apapun itu, Baik Paskibra Indonesia maupun Paskibraka, selalu diharapkan agar menjadi generasi teladan bagi yang lainnya. Menjadi contoh dan menjadi generasi yang terbaik.

Sedikit menyimpang dari tema di atas, iika mencermati tentang perkembangan paskibra di berbagai wilayah, terutama lewat seringnya diadakan lomba paskibra, tampil dengan gagah, atribut, lambang paskibra dan segala macamnya kreativitas yang dituangkan dalam variasi dan formasi paskibra. Semua ini merupakan perkembangan yang sangat bagus dimana anak-anak remaja dan anak muda saat ini lebih suka nongkrong di cafe, mall , atau bergalau galau ria di facebook dan twitter, mereka masih mau meluangkan waktunya untuk membina diri mengikuti kegiatan yang bisa dibilang membutuhkan mental dan fisik yang luar biasa. Perkembangan yang seharusnya lebih mendapat perhatian mendalam dari pemerintah. Setidaknya, melalui kegiatan Paskibra dan Paskibraka, tercipta generasi yang mencintai bangsanya.

Semoga Paskibra Indonesia makin maju dan senantiasa menghasilkan generasi penerus terbaik bagi bumi Indonesia ini.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PaskibNews - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger